Sabtu, 05 Maret 2011

Penderitaan Manusia Kutil dari Sambas ( Tema 4 : Manusia dan Penderitaan )



.












Abdul Hadi, warga Desa Selakau, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, mengalami kelainan pada bagian tubuhnya karena ditumbuhi bintil besar dan kecil mirip penyakit kutil.
Abdul Hadi yang ditemui di Selakau mengatakan, bintilan itu tumbuh sejak ia berusia belasan tahun. "Saya tak menyangka penyakit ini terus berkembang sampai sekarang," kata dia.
Ia sangat menderita karena penyakit tersebut. Bila digaruk, maka bintil itu akan keluar darah. Oleh karena itu, ia semakin takut dan cemas.
Dia sudah berusaha berobat ke dokter untuk menyembuhkan penyakit anehnya itu. "Tetapi saya hanya diberikan obat sekadarnya oleh dokter," kata Abdul saat ditemui di rumahnya.
Ia pernah diperiksa dokter ahli di rumah sakit. Menurut hasil pemeriksaan, ia menderita penyakit TBC kulit. "Saya tak mengerti penyakit apa itu karena saya orang kampung," katanya. Namun, dia berharap bisa sembuh dari penyakit yang sudah lama dia derita itu.
Keseharian Abdul Hadi diisi dengan bertani. Meskipun sakit, rasa itu tidak lagi dia pedulikan. "Yang terpenting saya bisa menjalankan aktivitas sehari-hari," kata ayah tiga anak yang juga ketua rukun tetangga di lingkungannya.
Warga sekitar, menurut ia, tidak pernah mengejek atau memandangnya rendah. "Warga di sini sudah terbiasa dengan pemandangan di tubuh saya," katanya.
Dia juga tidak merasa rendah diri untuk menjalani hidup sehari-hari. Sementara itu, pemerintah setempat juga belum memberikan perhatian yang serius terhadap penyakitnya. "Saya pasrah saja, semuanya telah terjadi," katanya.

Sumber : Senin, 19 Juli 2010 | 06:21 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar